Kamis, 20 November 2014

PENYEBAB SKRIPSI MACET.

4 Makhluk Penyebab Skripsi Macet

Sebenernya ada jutaan hal yang bisa bikin skripsi macet. Gue nggak mungkin nyebutin semuanya. Selain karena gue belum mengasuransikan jari tangan gue yang berpotensi putus tanpa gue sadarin waktu ngetik, penyebab macetnya skripsipun sebenernya kita sendiri yang membuatnya. 
Ketika hal yang nggak penting menjadi penting. Fenomena Skripsi.

Berikut 4 Makhluk Penyebab Skripsi Macet
1. Temen



Mau temen baik, temen sejurusan, temen tapi mesra, temenin aku dong, dan lain-lain. Hal yang selalu bikin kita lemah apalagi kalau bukan ajakan yang universal dan bisa dimengerti setiap suku di Indonesia ini yaitu "Main yuk". Mungkin kalau diibaratkan pas lo ngerjain skripsi ini kayak ketika lo sedang disuruh nyebrang jurang meniti tali setipis tali beha, lalu tiba-tiba seorang temen menawarkan sebuah pilihan "Mau numpang helikopter gue?" . Yak, pilihan yang sulit... TENTU AJA MUDAH BANGET BLOK. Orang habis ditabrak bis pun udah tahu bakal ambil pilihan mana dan dengan alasan yang klasik. "Duh kalau nolak dikira nggak asik nih". Oke. Fine. Skor temen lo 1 dan skor lo 0 besar yang berisi harapan skripsi lo bakal kelar sendiri habis lo pulang dari main tiada henti.
Tips: 
-Pura-pura sakit (kalau dibawa ke UGD, bilang udah enakan tapi masih ngidam steak)
-Pura-pura kere (Kalau dibayarin, ya terima aja sih)
-Pura-pura pergi ama pacar (checkin aja di path random sama lawan jenis asal yang avatarnya oke)

2. Pacar

Gue udah bersumpah dari dulu. Kalau punya pacar yang ngasih gue pertanyaan, "Kamu pilih aku apa skripsi kamu?" Gue bakalan jawab. "SAYANG , KAMU CANTIK CANTIK KOK SUKA LUPA SIH, LUPA NINGGALIN OTAK DI RUMAH" Lagian, geblek banget cemburu sama skripsi. Tapi emang bener sih, susah banget kalau pacar udah ngajakin main pas kita lagi pengen serius skripsian. Sebenernya nggak jauh beda sama temen, cuma pilihan ini lebih susah ditolak, kalau diibaratin kayak lo disuruh milih mau ditabrak pake bis atau dipeluk cewek cantik sambil naik bis. Gitu doang sih.
Tips: 
-Ngerjain skripsi di cafe sambil pegangan tangan (lah yang ngetik siapa?)
-Kasih pengertian ke pacar kamu "Sayang, kalau kamu aku nggak lulus-lulus, nanti kalau aku ketemu maba yang lebih cantik daripada kamu gimana?" dijamin pacar kamu berhenti ngajakin main sekaligus...............menampar.
3. Dosen

Gue nggak mau ngomong banyak. Ini sebenernya tergantung lo aja sih. Ada yang udah enak-enak dapet dosen asyik, tapi kepetnya malah dikasih ati minta jantung. Dosennya udah enak banget, ngerjain skripsinya kayak bekicot disuruh jalan pelan-pelan. Ada juga yang udah onfire banget, malah dapet dosen pembimbing yang disinyalir mengalami PMS 3 jam sekali. Kadang kita emang lupa bersyukur kalau hidup kita itu udah enak banget.
Tips: 
-Banyak-banyak berdoa dan membawa sesajen kepada dosen.
-Banyak-banyak main ke rumah dosen
4. Film

 
Film konon adalah olahraga yang sedang diusulkan di cabang atletik olimpiade 2016 besok. Maraton Film. Film Membuat moto hidup gue menjadi gabungan dari makna skripsian dan menonton film. "BAHAGIA DAN SUSAH ITU HARUS IMBANG : 1 JAM SKRIPSI DIBALAS 6 JAM NONTON FILM DOWNLOADAN". Mungkin kalau Mario Teguh tahu moto hidup gue kayak gitu, dia bakal dateng langsung di kamar sambil ngomong "Get a life son". Selain itu frekuensi gue ke bioskop berubah total selama skripsi dari penonton XXI jadi "Ini orang pegawai XXI apa ya kok gue lihat terus di bioskop?". Oh, kalau di akhirat nanti Tuhan nanya ke gue "Apa yang kamu perbuat semasa hidupmu?" mungkin gue nggak bakal jawab tapi bakal nanya "Warnet di surga koleksi filmnya lengkap nggak?"
Tips: 
(ON PROGRESS)
Kalau gue udah nemu solusinya gue kasih tahu. Sementara masih belum nemu.


Masih banyak lagi penyebab kemacetan skripsi yang bakalan lo temuin, masalahnya cuma bisa diselesaikan sama diri lo sendiri. 
Bisa nggak selama terjebak kemacetan tadi lo menemukan jalan alternatif yang bisa membuat lo sampai di tempat tujuan lo dengan lancar ?

Article by: Mbah Derma

Illustrated by Thoma Prayoga