Jumat, 20 Maret 2015

PETUALANGAN BERKERETA API.

PETUALANGAN BERKERETA API.


Oleh Dika alias Gumi

Akhirnya gw punya waktu untuk menceritakan kisah perjalanan gw menempuh ratusan kilometer jarak antara Bandung-Yogyakarta-Bogor.
# Selasa, 22 Desember 2009
Hari itu UAS terakhir tang gw hadapi sebelum liburan Natal dan Tahun Baru. Cuma satu hal yang memenuhi pikiran gw sore itu: keberangkatan gw ke Yogyakarta pada malamnya. Tiket kereta Lodaya Malam udah gw beli sejak seminggu sebelumnya. Gw yakin betul bahwa jam keberangkatan gw adalah jam 10 malam. Karenanya, gw memastikan bahwa Arnol akan membantu gw untuk menuju stasiun kereta Bandung pada jam9 malam. Sejak gw memiliki keinginan ke Jogja, gw udah melakukan pengecekkan jadwal kereta sejak dua minggu sebelum tanggal ini. Entah kenapa, gw yakin betul bahwa kereta Lodaya akan berangkat jam 10 malam.
Setelah gw packing, gw siap berangkat jam 8.30 malam, dan sambil menunggu jam 9 malam, gw mengobrol dengan Obey seputar banyak hal. Sampai jam 9 kurang, akhirnya gw meminta Arnol untuk mengantar gw ke Stasiun Bandung. Setelah pamit dengan semua anak Tambang 2008 yang ada di Kontrakan, gw pun bersiap dengan Arnol di depan rumah. Tiba-tiba gw ingin memastikan kembali bahwa tiket kereta udah ada di dalam tas gw. Gw pun membuka tas dan melihat:
Tiket Kereta LODAYA MALAM
Berangkat : Bandung 20.00
Tiba : Solobalapan 05.30
Tiba-tiba gw merinding disko, dan bertanya pada Arnol, “Nol, jam 20 itu jam berapa ya?”
Arnol menjawab, “Jam 8. memang kenapa?”
Gw membalas, “Gw ketinggalan kereta nol! Gw kira jam 10 malam!”
Arnol bingung, “Apa? Kau ini gimana dik, kenapa ngga dicek dulu?”
Oke, gw hanya bingung dan akhirnya bilang, “Yaudah nol, kita ke stasiun dulu aja.”
Dan sebelum Notes itu dipublikasi, ini adalah rahasia besar gw. Sekarang gw memutuskan membaginya pada kalian semua.
Perjalanan menuju stasiun sangat dingin. Gw bingung harus ngapain. Oh Tuhan, gw telah menyia-nyiakan tiket seharga 190ribu rupiah! Dalam hati gw nyesel banget ini bisa terjadi. Gw juga bingung kenapa sebelumnya gw yakin banget kalo keretanya berangkat jam 10 malam. Dan ini baru awal dari kebodohan gw yang lain.
Sesampainya di stasiun, ditemani Arnol, gw menuju satpam stasiun, dan malah bertanya, “Pak, Lodaya Malam udah berangkat belum?”
“Ya udah lah. Tadi jam 8.”, jawab Pak Satpam
Dengan muka pasrah gw bilang, “Pak, saya ketinggalan kereta, mestinya naik Lodaya tadi, gimana ya pak?”
“Ya hangus jadinya tiketnya.”, sungguh jawaban mamang satpam tidak solutif.
Gw pun beringsut pergi menuju pusat informasi stasiun, berharap ada secercah cahaya harapan.
Lagi-lagi gw curhat sama bapak-bapak, tapi yg ini Bapak Informasi, “Pak saya ketinggalan kereta bla bla bla …”
Bapak informasi malah bilang, “Coba kamu ke kepala stasiun aja”
Lagi-lagi tidak solutif. Gw pun beringsut-ingsut menuju kantor kepala Stasiun.
Lagi-lagi gw curhat, “Pak saya tadi ketinggalan kereta… bla bla bla…”
Bapak kepala stasiun malah ceramah ke gw, “Hah? jam 10 darimana? Lodaya ya jam 8. Ya sudah kalo gitu kamu dari sini naik kereta terakhir aja ke Kroya . . .
oke, gw ngga tau Kroya itu dimana. gw hanya membatu
. . . dari situ kamu bisa sambung ke Yogyakarta, pake aja tiket kamu yg Lodaya, kalo malam ini kamu berangkat, tiket kamu masih bisa dipakai, tapi kalo besok, udah hangus tiketnya . . .
oke, gw masih punya harapan
. . . kereta yg ke Kroya baru datang jam 12 malam. kamu tunggu dulu aja . . .
apa? jam 12 malam? sekarang kan baru jam setengah 10 malam
. . . dari Kroya sampai Jogja kira-kira masih 3 jam lagi tapi.”
oke, bapak itu akhirnya mengakhiri pembicaraannya. Gw dan Arnol kembali ke peron stasiun dan terduduk, sambil meminta maaf ke Arnol telah merepotkannya. gw bingung parah.
Ngga lama, datanglah seorang satpam yang ngajak ngobrol, tapi sayangnya diakhiri dengan kalimat, ” … tapi maaf mas, bukannya saya ngusir, tapi jam segini stasiunnya harus kosong dari penumpangnya.”
Gw hanya menelan ludah dan melangkah keluar. Fine. Ini adalah sebuah kibaran bendera perang antara Stasiun Kereta dengan Jiwa Gw. Gw keluar dengan pasrah dan mencari makan.
Hal paling penting yg dibicarain satpam itu adalah, “Kereta ke Kroya itu tapi belum tentu berhenti di sini. Tapi dia pasti berhenti di Kiaracondong”
Kalimat itu benar-benar menghantui gw dan Arnol. Arnol angkat bicara, “Dik, mending kita ke Kiaracondong, daripada di sini, belum tentu keretanya berhenti.”
Gw pikir-pikir, iya juga ya. Setelah makan, gw dan Arnol langsung melesat menuju Stasiun Kiaracondong.
Jangan harap stasiun itu stasiun yang bagus. Warnanya PINK! dan dipenuhi orang-orang ‘malam’ dengan berbagai karakter. Paling ngga, gw sedang dengan orang yang tepat. Arnol = Tarung Derajat.
Oke, gw merasa aman.
Gw duduk di depan sekumpulan orang yang asik menonton TV, dan dilewati oleh banyak orang berseliweran dengan potongan yang ngga jelas. Bahkan Arnol sempet bilang, “banyak orang aneh ya dik di sini?”. Gw setuju. Tapi susah mengatakannya karena takut didengar salah satu mereka. Bahkan usaha gw mencari orang yang satu jurusan dengan gw pun jadi sia-sia. Alhasil gw harus siap berangkat sendiri.
Setelah hampir 2 jam menunggu, gw akhirnya memutuskan untuk bertanya pada Bagian Informasi Stasiun Kiaracondong, karena gw sempat mendengar pengumuman, tapi hanya samar-samar terdengarnya.
Dan ternyata, saat itu jam 12 malam, bapak informasi bilang,
“wah, keretanya terlambat mas. kira-kira nyampe stasiun ini jam 2 kurang seperempat.”
APA? APA? APA?? itu bukan telat namanya. itu udah ngga tau diri. mau jam berapa gw nyampe Jogja?
dan gw pun meratapi nasib, sambil meminta maaf pada Arnol karena sangat merepotkan. Ditambah lagi kenyataan bahwa kereta yang gw nanti-nanti adalah kereta ekonomi yang pasti dipenuhi banyak orang.
Gw akhirnya menunggu, ditemani Arnol, hingga jam 2 kurang 15 di Stasiun laknat itu. Setelah beberapa disamperi orang-orang aneh yang mengajak ngobrol aneh. Tiga kata yg nge-tren di otak gw saat itu: “Untung ada Arnol”, paling ngga karena Arnol, gw ngerasa ngga akan ada yg berani nodong gw pake pisau. haha
# Rabu, 23 Desember 2009
Tanpa terasa, ini udah masuk hari baru.
Sebuah kereta datang, berwarna oranye. Penuh dengan orang dan batin gw berkata, “dik, lu pasti bisa. keretanya ngga seburuk yg lu bayangkan ko. tenang. tenang. pasti bisa.”
Mungkin ada ribuan kali gw menyebut nama Tuhan, terus berdoa meminta keselamatan.
Akhirnya gw masuk ke dalam kereta itu, dan berbalik sebentar. Pamit sama Arnol, dan meminta didoakan. Gw hanya berpikir, “gw akan keluar dari zona aman gw. Semoga Tuhan tetap melindungi gw.”
Setelah bolak-balik gerbong, gw tidak menemukan satu pun tempat duduk. Gw pun kembali ke tempat gw naik, sebuah lorong derita. Dan terakhir kali melihat Arnol, sampai akhirnya kereta bergerak.
Keretanya berangkat!!!
Lalu, gw berpikir, lantai sebelah mana yg mau gw pakai duduk?
Gw pun melihat seorang bapak yang akan duduk, tapi ngga punya alas, gw pun menawarinya koran.
Bapak itu menerimanya. Gw pun ikut duduk di sebelahnya. Kemudian mulai mengobrol, dan (lagi-lagi) curhat, “iya pak, saya tadi ketinggalan kereta.. bla bla bla…”
Bapak itu sedikit menertawai gw karena menyia-nyiakan tiket yg udah gw beli. Tapi dia memberi nasihat dan petunjuk gimana cara gw bisa sampai Jogja. Sejujurnya gw hanya butuh penjagaan selama dalam kereta.
Bapak ini udah cukup tua, mungkian 50an tahun. Namanya Bapak Rasikun, tinggal di dekat pasar Gomong. Kerjanya ngga tentu, tapi sekarang sering jadi kuli. Kuli apapun itu. Dia bilang, “kalau saya punya anak seumuran kamu, saya ngga akan kuliahin dia. Biar aja di saya dorong dari belakang untuk nyari ilmunya sendiri. biar kerja dan dapat ilmunya dari situ. Saya akan titipkan ke orang supaya dididik”. Sejujurnya gw bingung untuk merubah jalan pikiran bapak ini, jadi gw hanya mendengarkan saja, karena dia juga nampak asyik bercerita. Dia bilang, “saya ngga percaya sama perguruan tinggi, pokoknya semua instansi negara. mereka cuma ngeutamain uang. yang punya uang yang lolos. saya dulu pernah … bla bla bla… “. Intinya dia sakit hati saat mau masuk Akmil, hanya dikalahkan oleh orang yg beruang, sementara dia yang tinggal Pantuhir (Pemantauan Terakhir, red.) harus disisihkan. Yang mana penilaian Pantuhir memang bisa saja subjektif. Dia juga cerita dulu dia itu bandel saat SMA, saat akan kelas 3, dia kabur ke Sumatra. Kerja cari uang. Bahkan sempat pernah jadi Penyelundup dari Malaysia ke Indonesia. Dan dia menceritakan mekanisme penyelundupan itu yang sejujurnya ngga gw ngerti sama sekali. Tapi itu udah lamaaaa banget.
Bapak Rasikun ini bercerita banyak. Sementara gw berusaha menahan kantuk demi kemanan barang-barang gw juga. Tapi akhirnya gw menyerah. Gw tertidur sambil duduk di lorong derita itu. Benar-benar lorong derita.
Menjelang subuh, bapak itu pergi. Gw kira hanya sebentar. Ternyata ngga balik-balik lagi. gara-gara dia udah dapet TEMPAT DUDUK. Asem banget deh!
Saat matahari terbit, akhirnya gw dapet tempat duduk. Bersama dua orang ibu dan dua anaknya yg bertingkah aneh. Ngga lama, gw memutuskan pindah ke dekat bapak Rasikun. Tapi saat gw lewat, bapak rasikun ngga menggubris sama sekali. Gw pun duduk bersama ibu berkerudung ungu.
gw : “bu, kalo Kroya masih jauh ngga?”
ibu kerudung ungu : “Oh udah ngga begitu jauh ko. emang ade mau ke mana?”
gw : “Ke Kroya bu. Tapi mau ke Jogja sih. Saya tadi malam ketinggalan kereta.”
ibu kerudung ungu : “Oh, mendingan kamu turun di Maos, trus naik bis. Lebih cepat. Kamu dari Jakarta ya?”
gw : alamak. apanya yg jakarta? “Ngga bu. Saya dari Bogor. Iya, tapi kata kepala stasiun di Bandung saya disuruh pindah kereta aja”
ibu kerudung ungu : “oh gitu, yasudah, di Kroya ada ko kereta ke Jogja”
terima kasih ibu kerudung ungu. gw pun akhirnya merasa agak tenang.
Jam 9. si ibu kerudung ungu bilang, “Ini Kroya dek..”
Mata gw melihat ke luar dan benar-benar melihat: KROYA
Akhirnya sampai ke Kroya.
Gw turun dari kereta, dan menuju pusat Informasi stasiun Kroya. Dan gw bertemu Bapak Rasikun.
“Pak, makasih ya buat pas di kereta”
“Oh iya, ngga masalah ko!”
Dalam hati, tapi asem aja gw ampe ditinggal tadi. huh.
Paling ngga, perjalanan gw untuk sampe Kroya sudah lunas. Tinggal perjalanan menuju Jogja.
Gw pun bertanya pada Bapak Informasi Stasiun Kroya.
“Kamu naik aja kereta Pasundan, itu nyampe sini sekitar jam 1 kurang 15 menit”
APA? Gw harus menunggu sampai 3 jam lebih lagi.
Kroya itu stasiun besar. Tapi jangan harap kayak stasiun Bandung. Kroya itu versi sangat sepinya. Ada beberapa pengamen dan pedagang liar. Dan gw sempat beberapa kali ‘dipantau’ bebeapa dari mereka, akhirnya gw memustuskan masuk ke sebuah tempat makan dengan judul : King’s Donuts
Oke, ini plagiatan Dunkin. Tapi.. ini sih Donat SALMAN! dan masa 3ribu!!! ASEM!
Yang lebih asem lagi, saat gw makan sambil membaca majalah, ada ORANG GILA datang. Dia makan di sebelah kanan gw! Dan ngga diusir!! GILA BANGET!
Gw pikir satu stasiun ini gila semua!
Akhirnya gw menunggu dengan tidak jelas di stasiun itu. Keliling-keliling sambil memotret beberapa sudut stasiun. Dan gw hanya berpikir: “I must be carefull, because I’m in the middle of no where”
Sampai sekitar jam 1 kurang, datanglahj sebuah kereta yang sama persis dengan kereta yang gw naiki tadi malam. Kereta ini kereta PASUNDAN, dari Bandung menuju Surabaya.
Gw pun duduk lagi di sebuah lorong derita yang lebih parah dari sebelumnya. Saat kondektur datang, gw hanya bisa bilang, “Pak saya tad malam ketinggalan kereta” dan tiket gw diperiksa. Setelah kereta meninggalkan Kroya dan sampai di stasiun Gombong. Gw pun dapat tempat duduk. Gw duduk bersama Mbak Kerudung Bunga-bunga dan dua ibu yang turun di kota apa gitu gw lupa. Ternyata, Mbak KBB ini menuju stasiun yang sama: Stasiun Lempuyangan. Yaitu stasiun di Yogyakarta, khusus untuk kereta ekonomi atau bisnis saja.
Dua jam setengah yang gw tempuh dari Kroya sangat jauh lebih tenang daripada perjalanan gw saat masih menuju Kroya. Bahkan gw bisa tidur sebentar. Sampai akhirnya, waktu menunjukan sekitar jam 4 sore, Mbak KBB berkata,
“Ini Lempuyangan mas!”
OH TUHAN! Alhamdulillah, Pengen sujud sukur rasanya.
Kereta berhenti, gw pun keluar. Dalam hati sangat bersorak. Gw berhasil sampai YOGYAKARTA!!
Finally, it’s Yogyakarta!!!
Gw pun bertemu Uki, dan segera beranjak dari Stasiun Lempuyangan.
Ya Tuhan, terima kasih karena Engkau telah senantiasa menjagaku sampai ke Yogyakarta.
Gw pun meng-sms Arnol, “Nol, udah sampai Jogja nih. Makasih banyak ya nol”
Sms balesan dari Arnol : “Syukurlah Dik.. jangan lupa oleh2 ya.. hehe”
oke!!
***
Perjalanan atau yang mulai sekarang gw sebut: Petualangan itu berlanjut di Jogja.
Gw bertualang bersama Uki dan ketidaktahuan yang amat sangat menuju banyak tempat.
Mungkin akan diceritakan dalam foto-foto (yang sampai saat ini belum bisa gw upload) nanti. hehe
***
Gw hanya ingin menyampaikan sesuatu dalam Notes gw ini:
Jangan menyerah meski saat lu berpikir ngga punya harapan. Saat lu melakukan kebodohan, seperti gw, pasti akan ada suatu kecerdasan baru yang Tuhan kasih dengan cara apapun.
Gw memang kehilangan 190ribu rupiah untuk perjalanan dengan kereta terbaik, tapi gw dapet pengalaman yang nantinya belum tentu gw dapet selain di malam itu.
Karenanya gw ingin berterima kasih banyak kepada:
kepala stasiun Bandung, staf informasi st.Kiaracondong, Bapak Rasikun, ibu berkerudung ungu beranak 2, stasiun Kroya, mba kerudung bunga-bunga, Uki, pegawai TransJogja, Mas Tanto, and absolutely, Arnol!
Juga pada Mas Tanto, orang yang baru kenalan saat perjalanan pulang yogya-gambir, karena mentraktir makanan dan minuman selama 8 jam perjalanan gw di kereta. :P
Tuhan emang adil. hehe.....